banner-image

PROFIL POLRES METRO JAKARTA UTARA

SEJARAH POLRES METRO JAKARTA UTARA

Awalnya di tahun 1966, Polres Jakarta Utara hanya memiliki dua Resort Kepolisian, yakni Resort Kepolisian III Pasar Ikan yang bermarkas di Museum Bahari dan Resort Kepolisian IV Tanjung Priok di Pelabuhan Tanjung Priok. Pada tahun 1978 Komando Resort Kepolisian Metro 72 Jakarta Utara terbentuk dan kapolresnya dijabat AKBP Afandi Herman Sujanadiwirya. Saat terbentuk, wilayah hukum Polres Jakarta Utara memiliki tujuh Polsek. Namun setelah Kepulauan Seribu menjadi Kabupaten sendiri, Polsek di Jakarta Utara tinggal enam, yakni, Polsek Tanjung Priok, Pademangan, Penjaringan, Koja, Cilincing dan Kelapa Gading. Masalah sosial di wilayah hukum Polres Jakarta Utara tergolong sangat kompleks dibandingkan dengan wilayah hukum polres lainnya di Jakarta. Sehingga penangannya pun bervariasi, mulai dari kegiatan rutin, khusus maupun penanganan darurat (kontijensi). Di wilayah hukum Polres Jakarta Utara terdapat 15 sentra ekonomi, 2 sentra sosial budaya dan 2 sentra politik.

Kepolisian Resort Metro Jakarta Utara atau Polres Metro Jakarta Utara merupakan pelaksana tugas Kepolisian RI di wilayah Kotamadya Jakarta Utara. Polres Metro Jakarta Utara yang berada di bawah jajaran Polda Metro Jakarta Utara memiliki tugas utama dalam hal memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah hukum yang menjadi tanggung jawabnya. Secara total wilayah hukum Polres Metro Jakarta Utara memiliki total luas 137 km2 dan terdiri dari 6 kecamatan. Dalam kesehariannya Polres Metro Jakarta Utara dipimpin oleh seorang perwira menengah Polri yang berpangkat Komisaris Besar Polisi dan diwakili oleh seorang Wakil Kepala Polres yang berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi. Beberapa jenis satker yang berada dibawah naungan Polres Metro Jakarta Utara antara lain satuan reserse kriminal, satuan reserse narkoba, satuan intelkam, satuan binmas, bagian humas, dan propam. Sedangkan beberapa jenis layanan kepolisian yang tersedia seperti misalnya layanan SPKT, SIM, SKCK, SP2HP, ijin keramaian, dan pengawalan jalan.

Sipitung Cerdas

Sipitung Cerdas adalah Aplikasi Berbasis Website yang dipersembahkan oleh Polres Metro Jakarta Utara berupa Bimbingan Belajar Online Gratis kepada Siswa-Siswi sekolahan mulai dari tingkatan TK/PAUD, SD dan sampai dengan SMP